review "The Gargoyle" by Andrew Davidson

The gargoyle merupakan sebuah novel karya seorang penulis debutan bernama Andrew Davidson. Beliau

the gargoyle

the gargoyle cover

menamatkan pendidikannya pada bidang english literature di Univeversity of British Columbia pada tahun 1995. setelah menamatkan pendidikannya itu beliau menjadi guru bahasa inggris di Jepang dan “The Gargoyle” ini adalah buku pertama beliau, tapi menurut saya sebagai novel debutan “The Gargoyle” ini patut di acungi jempol karena kerumitan jalan cerita dan kemampuan pengarang dalam membawa pembaca ke dunia khayal pengarang.cerita pada novel ini diawali dengan sebuah kecelakaan yang dialami oleh tokoh utama. kecelakaan tersebut hampir merenggut jiwanya. Pada awal cerita, tokoh utama menceritakan pengalamannya dari pada saat ia kecil di asuh oleh neneknya yang akhirnya meninggal saat usia tokoh utama memasuki tahun ke-6, lalu diceritakan bagaimana saat tokoh utama mulai kecanduan kokain saat ia tinggal bersama bibi dan pamannya yang akhirnya meninggal dalam sebuah ledakan saat memasak kokain, lalu diceritakan juga pengalamannya saat menjadi bintang porno yang akhirnya memiliki sebuah rumah produksi sendiri hingga kecelakaan yang mengakibatkan 90% tubuhnya mengalami luka bakar. Tapi cerita sesungguhnya baru dimulai saat pertemuan tokoh utama dengan seorang wanita misterius bernama marianne angel.

pada awal pertemuan dengan tokoh utama, marianne angel berkata “kau telah terbakar….lagi”. Awalnya sang tokoh utama merasa sedang berhadapan dengan orang gila yang terlihat logis karena cara dalam bertuturkata dan pembawaannya sama seperti orang waras pada umumnya. Namun hal – hal yang diceritakan marianne angel-lah yang aneh menurut si tokoh utama. marianne angel menceritakan bahwa dirinya lahir pada abad ke-13, cerita kelahirannya tidak terlalu banyak, namun setelah dilahirkan ia diletakkan di depan pintu gerbang biara engelthal, disitu diceritakan bagaimana marianne dibesarkan dalam lingkungan beragama dan dalam peraturan yang ketat dengan pengawas yang tidak menyenanginya. saat beranjak dewasa marianne diberkahi dengan kemampuan untuk mengerti bahasa yang bahkan baru didengarnya sehingga ia ditugaskan di skriptorium (tempat pembuatan buku) bakatnya itu terus dimanfaatkan untuk membantu pengerjaan sebuah karya besar yang diharapkan akan mengharumkan nama pemrakarsanya yang tidak lain adalah suster yang tidak menyenanginya itu.

cerita utama dalam buku ini diselingi dengan berbagai cerita marianne angel kepada tokoh utama. marianne menceritakan berbagai kisah cinta tragis dan kisah awal pertemuannya dengan tokoh utama di biara engelthal dalam keadaan terluka bakar. saat itu diceritakan bahwa sang tokoh utamalah yang memilih marianne sebagai perawatnya. maka mulai saat itu jugalah kisah cinta tragis mereka berdua dimulai.

Selama masa penyembuhan ada kalanya marianne tidak datang mengunjungi tokoh utama karena harus memenuhi panggilannya untuk mengeluarkan grotesque ( gargoyle ) dari dalam batu, marianne berkata panggilan itu harus segera dijawab dengan memulai memahat dan tidak akan berhenti sampai grotesque itu selesai dikeluarkan dari dalam batu, namun ada kalanya juga grotesque – grotesque itu meminta untuk tidak dilanjutkan dulu sehingga proses pengerjaannya dihentikan.

Disela-sela cerita tentang kehidupan mereka berdua selama di biara engelthal, marianne menceritakan berbagai kisah cinta tragis diantaranya adalah cerita tentang seorang suami yang rela menemani istrinya yang terjangkit wabah hingga akhirnya ia pun tertular dan minta untuk diakhiri hidupnya dengan cara dipanah, lalu ada lagi cerita tentang seorang gadis peniup kaca dari jepang yang dikubur hidup – hidup karena bersumpah tidak akan bicara sehingga tidak bisa melawan saat dikubur, ada juga cerita tentang seorang viking yang jatuh cinta kepada sesama jenis tapi cintanya murni sehingga ia rela mati untuk menyelamatkan anak dari pria yang dicintainya, tapi yang paling tragis kisah marianne angel dengan tokoh utama yang harus berakhir dengan dipanahnya tokoh utama oleh marianne angel untuk menyelamatkannya dari para penyiksanya. tapi tenang cerita tidak berakhir disana itu adalah kisah marianne angel saat abad ke-13, lanjutan ceritanya silakan baca sendiri hehe.

secara garis besar buku ini sangat menarik untuk dibaca karena bisa menggabungkan berbagai unsur dalam inti ceritanya. saat dibaca buku ini seakan – akan menarik pembacanya langsung ke dunia khayalan dan cerita marianne yang penuh dengan dilema, tapi jika kita tidak dalam mood untuk membacanya maka sebentar saja pasti akan meletakkan buku itu kembali ke tempatnya hehe, tapi jangan khawatir jika anda membacanya dalam kondisi mood maka anda tidak akan berhenti membacanya sampai rasa penasaran anda terpuaskan. Meskipun buku ini memiliki akhir yang tragis namun bisa dikatakan inilah akhir tragis yang paling manis. so check it out guys…

2 Responses

  1. yah masa lanjutan ceritanya disuruh baca sendiri,, parah dah ah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: